Memilih Sd Untuk Anak ? Ketahui Keunggulan Sdit Dibandingkan Dengan Sd Negeri

Perkembangan usia anak yang semakin besar menuntut kita untuk semakin selektif dalam urusan pendidikan. Salah satunya adalah bagaimana Anda memilihkan sekolah yang bagus dan berkualitas untuk buah hati Anda. Salah satu jenjang pendidikan yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak adalah Sekolah Dasar.

Banyak sekali orang tua yang lebih memilih memasukkan anaknya ke Sekolah Dasar Negeri atau SDN. Namun tidak sedikit juga para orang tua yang lebih memilih memasukkan anaknya ke SDIT atau Sekolah Dasar Islam Terpadu karena di rasa lebih berkualitas daripada SD Negeri. Selain di kenal sangat mahal, SDIT juga lebih ketat dalam mendidik murid – muridnya. Lantas apa yang membuat para orang tua memilih SDIT ? Apa saja keunggulan SDIT dibandingkan dengan SD Negeri ?

 

 

  • Lebih Menekankan Pada Pelajaran Agama

 

Dari namanya saja yang SDIT atau Sekolah D

 

asar Islam Terpadu maka sudah sewajarnya jika sekolah dasar ini menekankan pada pelajaran agama. Selain mendapatkan pelajaran akademis, anak juga akan mendapatkan pelajaran yang berkaitan dengan agama dengan lebih intensif. Mulai dari kebiasaan berdoa dan menghafal surat – surat Al Qur’an, mengaji bersama, menulis Bahasa arab, kisah Islami, hingga kebiasaan Shalat Dhuha.

 

  • Pendidikan Moral Yang Sangat Kuat

 

Sebagian besar pedidikan anak di SD Negeri lebih mengutamakan pada akademis sehingga nilai- nilai moral banyak di kesampingkan. Berbeda dengan SDIT yang sangat menekankan pada pendidikan karakter yang ketat dan tentunya sesuai ajaran agama, sehingga lebih terlihat seperti penggemblengan dini pada anak.

Namun lihat saja perbedaannya, di SDIT setiap pagi terlihat anak – anak yang sangat bersemangat untuk pergi ke sekolah. Ketika sampai di sekolah, para guru dan murid akan saling memberi salam dan berjabat tangan lalu berdoa bersama sebelum pelajaran di mulai dan tentunya dengan doa belajar yang sudah di ajarkan. Tidak hanya itu saja, di SDIT para murid akan di asah untuk selalu berdoa setiap waktunya, misalnya ketika masuk ke kamar kecil atau pun ke kelas, dan lainnya.

 

 

  • Pengembangan Kegiatan Ekstrakulikuler

 

Tak dapat di pungkiri jika anak juga memerlukan pendidikan ekstrakulikuler yang lebih mengarahkan kepada pendalaman minat dan bakat. Merujuk pada kata “ekstra” yang berarti tambahan, maka anak akan mendapatkan tambahan pelajaran di dalam kelas sesuai hal yang ia sukai.

Misalnya jika anak menyukai menggambar maka bisa bergabung ke kelas jurnalistik dan berlatih membuat media masaa sederhana. Jika anak suka menari maka bisa ikut ke kelas menari. Selain untuk memperdalam bakat anak, kegiatan ekstrakurikuler  ini juga akan di nilai oleh guru dan nilai akan di masukkan ke dalam rapor untuk penilaian akhir.

 

 

  • Tenaga Pendidik Yang Sangat Perhatian

 

SDIT atau Sekolah Dasar Islam Terpadu lebih banyak yang menerapkan sistem Fullday School. Hal ini menyebabkan anak akan seharian berada di sekolah dan berinteraksi dengan teman sebayanya, sedangkan orang tua bisa tenang jika bekerja di waktu yang sama. Oleh karena itu, tenaga pendidik di SDIT lebih di kenal sebagai sosok yang penyayang dan penuh perhatian.

Denagan berada di sekolah dalam waktu yang lama, para guru bisa menjadi lebih dekat dengan muridnya. Bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing – masing murid, mengetahui apa kendala setiap murid dalam proses pembelajaran, dan bisa mengenali bakat murid.

 

 

  • Sarana Prasarana Yang Lebih Lengkap

 

Tak dapat di pungkiri jika SDIT lebih memiliki sarana prasarana pembelajaran yang lebih lengkap di bandingkan dengan SD Negeri, meskipun saat ini juga banyak SD Negeri yang juga berkualitas. Namun dengan fasilitas yang memadai ini membuat orang tua lebih memilih memasukkan anaknya ke SDIT agar pembelajarannya lebih kondusif dan mantap.