Masih Ragu Memilih Manakah yang Terbaik Universitas Swasta Atau Negeri?

 

 

Bagi anak-anak muda yang baru lulus SMA pasti punya keinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Biasanya mereka akan memilah-milih unuiversitas mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan studi mereka. Nah, pada tahap ini biasanya mereka akan kebingungan ketika dihadapkan untuk memilih universitas atau perguruan tinggi swasta (PTS) atau Perguruan tinggi negri (PTN). Banyaknya info yang kadang tidak valid tentang kedua universitas tersebut hanya akan menambah bingung. Untuk mengetahui lebih jelas tentang apa bedanya universitas swasta dan universitas negri, kita simak penjelasaanya berikut ini

Apa Saja Sih Perbedaan Universitas Swasta dan Universitas Negri?

Menentukan universitas mana yang akan dipilih bukan perkara sepele, karena kamu harus tahu betul perbedaan kedua universitas ini agar tidak menyesal dikemudian hari.

  1. Popularitas

Memang tidak bisa dipungkiri kalau PTN dikenal memiliki popularitas lebih dan dianggap lebih prestisius daripada PTS. Hal ini tidak lepas oleh anggapan masyarakat bahwa PTN hanya bisa diperuntukkan untuk mahasiswa yang cerdas. anggapan seperti ini sangat wajar muncul karena untuk bisa masuk ke PTN, calon mahsiswa harus bersaing ketat dengan ribuan calon mahsasiswa lainnya. Namun, PTS juga tidak kalah dalam hal popularitas. Bisa dilihat ada banyak PTS yang memiliki kredibilitas tinggi dan cukup difavoritkan. Beberapa PTS favorit dikenal karena berhasil mencipatkan “kelas elit” baik dari segi gedung, fasilitas, dan kualitas akademiknya. Misalnya saja BINUS yang sudah sangat populer dengan bidang studi bisnisnya.

2. Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan di PTN memang lebih cenderung lebih “ramah” daripada PTS. Karena berstatus negeri, PTN banyak mendapat subsidi dan bantuan dari pemerintah. PTN juga memiliki banyak info dan akses lebih mudah untuk mendapatkan beasiswa. Berbeda dari PTN, PTS dikenal dengan biaya pendidikannya yang lebih mahal.  Hampir seluruh PTN mempunyai bangunan modern dan fasilitas bagus.

3. Jam Kuliah

PTN memiliki jam kuliah yang lebih padat, sehingga buat kamu yang ingin mengambil kegiatan lain seperti berorganisasi, menghadiri seminar atau bekerja akan sangat kesulitan untuk mengatur waktu. Berbeda dengan PTS yang mempunyai jam belajar yang lebih fleksibel yang memungkinkan kamu menyelipkan waktu untuk kegiatan lainnya.

4. Jumlah Mahasiswa

PTN memiliki seleksi tes masuk yang cukup ketat, sehingga buat kamu yang berkeinginan untuk masuk PTN harus siap-siap bersaing dengan ribuan calon mahasiswa lainnya. kuota mahasiswa yang disediakan pun cukup terbatas. Berbeda dengan PTS, kapasitas penerimaan mahasiswa hampir tidak dibatasi. Juga biasanya pada PTS memberikan waktu pendaftaran mahasiswa baru yang cukup panjang sehingga dapat menampung lebih banyak mahasiswa baru. Berbeda dengan PTN yang memberikan waktu pendaftaran yang lebih pendek.

5. Kesempatan Bekerja

Memang untuk kesempatan bekerja, mahasiswa lulusan PTN lebih diperhitungkan oleh sebuah perusahan atau instansi kerja lain daripada mahasiswa PTS. Salah satu faktornya adalah jaminan kualitas akademik atau akreditasi yang bagus yang sudah mendapat pengakuan dari pemerintah. Tapi sekrang ini banyak juga PTS yang mempunyai akreditasi yang tidak kalah unggul dari PTN. Jadi, sebenarnya memperoleh kesempatan bekerja bukan bergantung pada universitas mana yang kamu pilih, tapi dari seberapa bagus kualitas yang kamu punya.

Universitas swasta ataupun negeri mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. dalam memilih universitas sangat penting untuk menyesuaikan segala sesuatunya dengan kebutuhan dan kemampuan finansial yang kamu miliki.

Artikel ini dipersembahkan oleh Mahabet.org – Situs dan Agen Bola Online Terpercaya di Indonesia.